A. Umum

Event Bali Cycling Marathon ini adalah menggabungkan olah raga, fun, dan Hobi yang akan mengambil rute sebagian besar di Bali Timur meliputi Kabupaten Klungkung, Karangasem, Kabupaten Gianyar dengan titik awal di Kotamadya Denpasar. Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, juga akan ada beberapa cek point di lokasi wisata yang terdapat di sepanjang rute.

Event Olah raga ini mengambil moment untuk bersama-sama recovery pariwisata Bali yang terpuruk karena Pandemi Covid 19.

Jangan khawatir untuk mengikuti Bali Cycling Marathon karena penyelenggara menerapkan  protocol kesehatan yang mengacu pada Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinas Kesehatan Provinsi Bali juga Tata Aturan Kehidupan Baru yang berlaku.

Setelah sekian lama diam di rumah saja, kini waktunya untuk menikmati kebersamaan dengan keluarga & teman dengan aman dan sehat.

  • WNI/WNA sehat jasmani dan Rohani, dibuktikan dengan surat kesehatan sehat
  • Memenuhi semua persyaratan Admisnistrasi :
  • Membayar Semua biaya kegiatan
  • Mencantumkan identitas diri yang diminta
  • Bersedia mematuhi, menerapkan dan melaksanakan protocol kesehatan dengan menandatangani form yang disediakan.
  • Berumur Minimal 16 tahun dan maksimal 55 tahun
  • Diharapkan membawa peralatan pribadi : sepeda, helm, sarung tangan, botol air minum, masker + cadangan
  • Bebas untuk semua jenis sepeda : Folded, Fixie, MTB, Road Bike dll
  • Setiap Peserta harus mentaati rambu lalu lintas , saling menghormati peserta lainnya, dilarang membuang sampah sembarangan dan berlaku sopan, tertib selama acara berlangsung.
  • Apabila ada peserta dengan tim/pendukung dengan mobil/transport sendiri harus berada di urutan belakang mobil panitia.

B. Kategori Rute / Jalur Bali Cycling Marathon

  • Rute A (short Track)

: Jarak +/- 20 km

: Start – Finish : Plaza Renon   – Finish : Air Terjun Blangsinga

: Jalur ; Denpasar, Gianyar ( Denpasar- Tohpati -Keramas – Blangsinga) dengan pemandangan yang beragam dan indah  dari pantai, sawah, pedesaan dan akan disuguhi obyek wisata air terjun yang indah di lokasi Finish

: Pit Stop : 1 Titik

: Stater Pack : Drawstring/String Bag, Jersey Electro Hell Special Edition, Masker special Suicide Glam, Wrist Band, Kartu id Sepeda, No Dada/Punggung

: Fasilitas : Tim Medis sepanjang kegiatan, Asuransi, Refill Water & Buah di setiap Pit stop, Tiket masuk obyek wisata Air Terjun Blangsinga, Tim mekanik sepeda di sepanjang rute.

 

  • Rute B (Medium Track)

: Jarak +/- 60 km

: Start : Plaza Renon   , Finish : Bukit Asah Karangasem

: Jalur ; Denpasar, Gianyar, Klungkung dan Karangasem ( Denpasar- Tohpati – Pesanggahan – Goa Lawah – Candidasa – Bug-Bug) dengan pemandangan yang indah di sepanjang rute

: Pit Stop : 3 Titik

: Stater Pack : Jersey Electro Hell Special Edition, Masker special Suicide Glam, Wrist Band, Kartu id Sepeda, No Dada/Punggung

: Fasilitas : Tim Medis sepanjang kegiatan, Asuransi, Refill Water & Buah di setiap Pit stop, Tim mekanik sepeda di sepanjang rute, Snack di finish, Tiket Masuk Virgin Beach & Bukit Asah.

 

  • Rute C (Long Track) : Jarak +/- 75km

: Start: Plaza Renon,  Finish : Bukit Asah Karangasem

: Jalur ; Denpasar, Gianyar, Klungkung dan Karangasem ( Denpasar- Tohpati-Keramas – Tukad Unda – Sidemen – Sibetan – Bebandem – Prasi – Bug-Bug) dengan pemandangan yang beragam dan indah  dari pantai, sawah, pedesaan dan akan disuguhi tour wisata menarik di lokasi makan siang

: Pit Stop : 2 titik ( 1 lokasi untuk makan siang)

: Stater Pack : Jersey Deus Special Edition, Masker special Suicide Glam, Wrist Band, Kartu id Sepeda, No Dada/Punggung

: Fasilitas : Tim Medis sepanjang kegiatan, Asuransi, Refill Water & Buah di setiap Pit stop, Tim mekanik sepeda di sepanjang rute, Snack di finish, Tiket Masuk Virgin Beach & Bukit Asah, makan siang, Wisata Tour Balinese Culture di Samsara Museum.

C. Kategori Peserta Bali Cycling Marathon

  1. Umum perorangan (minimal umur 16thn – Maksimal 55 thn)
  2. Club/Komunitas : Kelompok 6 orang dan 12 orang

D. Jadwal Pelaksanaan Bali Cycling Marathon (Bali Race 26 Desember 2020)

Pendaftaran : (Loket.com)

Registrasi ulang : Tanggal 23-25 Desember 2020 pukul 13.00-20.00 wita, di Atrium Lt. 1 – Plaza Renon – Denpasar Bali.

Tanggal Pelaksanaan : Tanggal 26 Desember 2020

Lokasi start : Plaza Renon, 06.30 wita

E. Marshal Bali Cycling Marathon

Menggunakan Uniform khusus dengan membawa Bendera, Peluit dan Radio Komunikasi dan  akan di tempatkan di sepanjang rute Bali Cycling Marathon di titik – titik yang strategis dan rawan terhadap gangguan pelaksanaan Bali Cycling Marathon. Selain bertugas sebagai pengawas rute, Marshal juga akan memberikan informasi terkait Bali Cycling Marathon , memberikan bantuan apabila terjadi sesuatu terhadap peserta. Selain itu akan di pasang Standing Banner di sepanjang Rute di titik-titik tertentu untuk memudahkan peserta melewati rute.

F. Fasilitas dan ketentuan lain Bali Cycling Marathon

  1. Stater pack : String Bag, Jersey, Masker, Wrist Band, Kartu id Sepeda, No Dada/Punggung.
  2. Panitia akan menyediakan pit stop waterbreak di beberapa titik di sepanjang jalur
  3. Panitia akan menyediakan fasilitas kesehatan dokter, perawat dan ambulance di tiap titik Start dan Finish dan mengkawal peserta sepanjang jalur serta petugas medis dengan PPPK yang tersebar di sepanjang jalur dari Start hingga Finish.
  4. Seluruh peserta yang mengikuti BALI CYCLING MARATHON 2020, mulai dari start  sampai  finish dipandu oleh pemimpin rombongan (Road Captain).
  5. Selama perjalanan,  peserta dilarang mendahului pemimpin rombongan (Road Captain).
  6. Hanya peserta yang berhasil mencapai titik finish di semua kategori yang berhak mendapatkan medali.
  7. Doorprize akan di undi setelah selesai keseluruhan acara dengan aturan dan ketentuan yang berlaku ( Dinas Sosial, Pajak dll)
  8. Peserta Akan dianggap gugur apabila tidak  registrasi ulang di hari H
  9. Pihak Penyelenggara/Panitia memberikan fasilitas Asuransi bagi peserta yang mengikuti Bali Cycling Marathon kegiatan ini.
  10. Pengamanan dan Kenyamanan peserta dan penyelenggara akan di usahakan secara maksimal dengan melibatkan unsur terkait sesuai dengan aturan yang berlaku.
  11. Apabila terjadi kondisi gawat darurat (force Majure) termasuk di dalamnya : cuaca buruk, kecelakaan dan lain sebagainya yang dapat membahayakan keselamatan peserta, maka pihak penyelenggara berhak untuk menghentikan Bali Cycling Marathon secara sepihak setelah berkoordinasi dengan pihak terkait terlebih dahulu.
  12. Pihak Penyelenggara/Panitia menyediakan tim mekanik.

PROTOKOL KESEHATAN EVENT BALI CYCLING MARATHON 2020

A. Pra Event / Sebelum Kegiatan :

 

  1. Merancang jadwal kegiatan yang menerapkan dan mengacu pada Protokol kesehatan pencegahan COIVD 19 di semua lokasi event olahraga.
  2. Memperhatikan informasi terkini serta himbauan dan instruksi pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait COVID-19 di wilayahnya terkait dan meningformasikan kepada calon peserta, tim penyelenggara dan semua pihak terkait.
  3. Memberikan informasi dari awal untuk menyiapkan dan membawa “New Essential Tools” pada waktu event berlangsung nanti.
  4. Membuat sebuah system untuk pendaftaran dan Pembayaran serta segala informasi terkait Protokol Kesehatan, aturan dll secara daring (online) sebagai informasi yang harus diketahui oleh calon peserta, tim dan semua pihak yang ingin mengakses informasi mengenai event.
  5. Mendorong calon peserta dan semua tim yang akan terlibat untuk mampu melakukan pemantauan kesehatan mandiri (self monitoring) dan menerapkan PHBS serta menjaga kesehatan dari awal sebelum mengikuti event untuk  menjaga imun dan kebugaran.
  6. Memberikan informasi seluas-luasnya tentang Protokol Kesehatan New Normal untuk peserta dari luar Bali terkait : Penerbangan, Hotel, Transport, Restoran. Lokasi wisata dan lain sebagainya.
  7. Survey Lokasi Start, Finish & Cek Point untuk memastikan semua fasilitas pencegahan  Covid 19 dan ketersediaan Fasilitas Kesehatan terdekat dan skenario penanganan resiko dengan Dinas Kesehatan Terkait
  8. Melakukan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh tim yang terlibat tentang pencegahan penularan COVID-19 yang dapat dilakukan dengan surat pemberitahuan, pemasangan spanduk, poster, banner,whatsapp/sms blast, radioland dan lain sebagainya.
  9. Membuat system pusat informasi, pendaftaran dan pembayaran kegiatan secara online.

B. Pada Saat Event Berlangsung

 

I. Lokasi Event :

  1. Memasang media informasi di lokasi-lokasi strategis untuk mengingatkan pengunjung/peserta agar selalu mengikuti Protokol Kesehatan : ketentuan jaga jarak minimal 1 meter, menjaga kebersihan tangan dan kedisplinan penggunaan masker berupa antara lain : spanduk, Baliho, Standing Banner dan lain lain.
  2. Melakukan pembersihan dan disinfeksi secara berkala (paling sedikit tiga kali sehari) pada semua fasilitas umum terutama pada pegangan pintu dan tangga, kursi, meja, microphone, pintu toilet dll.
  3. Menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun yang memadai dan mudah diakses oleh pekerja/peserta /pengunjung dilengkapi dengan informasi tentang edukasi cara mencuci tangan yang benar.
  4. Menyediakan handsanitizer di area pertemuan/kegiatan dan area publik lainnya dengan jumlah yang memadai dan mencukupi.
  5. Menyediakan ruang khusus di luar tempat event sebagai pos kesehatan dengan tim kesehatan (dokter, perawat & Ambulance) di setiap lokasi (start, Finish, Cek Point).
  6. Mengatur tata letak (layout) tempat event (stand registrasi, kursi, meja, booth, sound operator dll) untuk memenuhi aturan jarak fisik minimal 1 meter
  7. Menyediakan alat pengecekan suhu di pintu masuk bagi seluruh pengunjung/peserta/pekerja/pihak lain yang terlibat.
  8. Menyediakan stand water break & makanan ringan/buah di beberapa titik sepanjang jalur yang dikemas secara tunggal.
  9. Membuat dan memasang papan petunjuk yang jelas dan mudah terbaca yang memuat antara lain tentang : pos kesehatan, toilet, tempat cuci tangan, tempat hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh dan informasi lainnya termasuk juga tanda/ alur antrian, keluar, masuk area.
  10. Memastikan pelaksanaan protokol kesehatan dilakukan oleh semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut termasuk pihak ketiga (vendormakanan/vendor sound system dan kelistrikan/vendor lainnya yang terkait langsung.

 

II. Peserta Event/Olahragawan

  1. Untuk peserta/pengunjung dari luar daerah/luar Bali, penerapan cegah tangkal penyakit saat keberangkatan/kedatangan mengikuti ketentuan peraturan yang berlaku.
  2. Memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum mengikuti kegiatan dengan tidak menunjukkan gejala sakit demam, batuk, panas dan sakit tenggorokan.
  3. Selalu mengenakan masker, Menerapkan Physical Distancing, Sering Mencuci Tangan dengan Sabun dan/atau menggunakan hand sanitizer selama acara berlangsung.
  4. Bersedia mengikuti dan melaksanakan prosedur protocol kesehatan : mengecek suhu tubuh, selalu menggunakan masker, jaga jarak selama acara berlangsung.
  5. Membawa “new essential tools” serta obat2an pribadi.
  6. Tidak berbagi peralatan pribadi seperti makanan, minuman,peralatan olahraga (handuk, gloves, sepatu, helm, kacamata), dan lain-lain.

 

III. Crew Event / Penyelenggara:

  1. Memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum mengikuti kegiatan dengan tidak menunjukkan gejala sakit demam, batuk, panas dan sakit tenggorokan.
  2. Selalu mengenakan masker, Menerapkan Physical Distancing, Sering Mencuci Tangan dengan Sabun dan/atau menggunakan hand sanitizer selama acara berlangsung.
  3. Pada Stand tertentu dengan kemungkinan lebih sering berhadapan dengan orang banyak, selain masker juga menggunakan pelindung wajah (faceshiled) dan sarung tangan plastic seperti: stand registrasi, merchandise, stand informasi.
  4. Memastikan pelaksanaan protokol kesehatan dilakukan oleh semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut termasuk pihak ketiga (vendor makanan/vendor sound system dan kelistrikan/vendor lainnya yang terkait langsung.
  5. Berpartisipasi aktif saling mengingatkan untuk melakukan pencegahan penularan COVID-19 seperti menggunakan masker dan menjaga jarak.

 

IV. Penonton / Pengunjung :

  1. Memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum mendatangi lokasi event, tidak terdapat gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas
  2. Wajib menggunakan masker pada saat di area acara. Jika kondisi padat, tambahan penggunaan pelindung wajah (faceshield) bersama masker sangat direkomendasikan sebagai perlindungan tambahan
  3. Menghindari kontak fisik / Tidak melakukan kontak seperti jabat tangan atau memeluk (victory celebration)
  4. Membawa perlengkapan pribadi : botol minum, masker cadangan, hand sanitizer, peralatan makan dll
  5. Bersedia mengikuti dan melaksanakan prosedur protocol kesehatan : mengecek suhu tubuh, selalu menggunakan masker, jaga jarak selama acara berlangsung.

C. Pada Saat Selesai Event

  1. Melakukan pembersihan dan disinfektasi minimal 1 jam setelah acara selesai pada semua fasilitas umum terutama pada pegangan pintu dan tangga, kursi, meja, microphone, pintu toilet dll.
  2. Membersihkan semua area dari sampah dan membungkusnya degan rapi dan aman di semua area lokasi.
  3. Memantau kondisi kesehatan semua tim penyelenggara yang terkait minimal 14 hari setelah kegiatan.
  4. Menyimpan semua data peserta, tim penyelenggara minimal 24 hari setelah acara selesai.

D. Penanganan Saat Penemuan Kasus COVID-19 di Tempat

Pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab yang menemukan adanya kasus COVID-19 di tempat, akan membantu dinas kesehatan /Gugus Tugas Covid 19 atau fasilitas pelayanan kesehatan dengan  melakukan :

  • Pelacakan Kontak Erat : Melakukan identifikasi pekerja, peserta, pengunjung atau orang lain yang sempat kontak erat dengan orang terkonfirmasi COVID-19 dengan cara melakukan observasi, investigasi dan penyampaian pengumuman resmi kepada massa di lokasi.
  • Segera melokalisir dan menutup area/ruangan/lokasiterkontaminasi untuk dilakukan pembersihan dan disinfeksi.
  • Melakukan identifikasi area/ruangan/lokasi terkontaminasiyang meliputi semua area/ruangan/lokasi yang pernahterkontak/dikunjungi orang terkonfirmasi COVID-19.
  • Menyerahkan penanganan lebih lanjut ke dinas Kesehatan terkait / Gugus Tugas Covid 19.