PROTOKOL KESEHATAN (CHSE) EVENT BALI CYCLING MARATHON 2021

Umum

Panduan Individu :

  1. Menjaga kondisi tubuh, serta memastikan diri dalam kondisi sehat, dengan suhu <37,30ºC, sebelum terlibat dalam kegiatan (event).
  2. Mempersiapkan perlengkapan kesehatan diri semenjak dari rumah sekurang-kurangnya masker dan hand sanitizer.
  3. Tetap menjaga jarak aman minimal 1 (satu) meter.
  4. Menerapkan etika bersin dan batuk saat sedang tidak mengenakan masker
  5. Menghindari kontak fisik.
  6. Menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.
  7. Disarankan membawa alat pribadi termasuk peralatan ibadah sendiri seperti alat salat.
  8. Pekerja menginformasikan kepada pimpinan jika mengalami gangguan kesehatan (demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak napas).
  9. Pengunjung, Tenant, Pengisi Acara menginformasikan kepada petugas kesehatan jika mengalami gangguan kesehatan (demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak napas).
  10. Mematuhi dan melaksanakan SOP/Panduan COVID-19 yang berlaku selama pelaksanaan kegiatan (event).

Alat Pelindung Diri

Seluruh pihak yang terlibat secara langsung dalam proses pelaksanaan

kegiatan (event) memakai Alat Pelindung Diri (APD) dengan ketentuan

sekurang-kurangnya adalah sebagai berikut:

  1. Pekerja :

– Menggunakan masker;

– Menggunakan sarung tangan;

– Menggunakan face shield.

  1. Pengunjung :

– Menggunakan masker;

– Disarankan menggunakan sarung tangan;

– Disarankan menggunakan face shield.

  1. Tenant :

– Menggunakan masker;

– Menggunakan sarung tangan;

– Menggunakan face shield.

  1. Pengisi Acara

– Menggunakan masker saat tidak tampil di atas panggung;

– Menggunakan sarung tangan.

  1. Vendor :

– Menggunakan masker;

– Menggunakan sarung tangan.

  1. Petugas Kesehatan

– Menggunakan APD sesuai dengan ketentuan Kementerian Kesehatan.

A. Pra Event / Sebelum Kegiatan :

 

  1. Merancang jadwal kegiatan yang menerapkan dan mengacu pada Protokol kesehatan pencegahan COIVD 19 di seluruh lokasi event.
  2. Memperhatikan informasi terkini serta himbauan dan instruksi pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait COVID-19 di wilayahnya terkait dan meningformasikan kepada calon peserta, tim penyelenggara dan semua pihak terkait.
  3. Memberikan informasi dari awal untuk menyiapkan dan membawa “New Essential Tools” pada waktu event berlangsung nanti.
  4. Menyiapkan system untuk pendaftaran dan Pembayaran serta segala informasi terkait Protokol Kesehatan, aturan dll secara daring (online) sebagai informasi yang harus diketahui oleh calon peserta, tim dan semua pihak yang ingin mengakses informasi mengenai event.
  5. Mendorong calon peserta dan semua tim yang akan terlibat untuk mampu melakukan pemantauan kesehatan mandiri (self monitoring) dan menerapkan PHBS serta menjaga kesehatan dari awal sebelum mengikuti event untuk menjaga imun dan kebugaran.
  6. Memberikan informasi seluas-luasnya tentang Protokol Kesehatan New Normal untuk peserta dari luar Bali terkait : Penerbangan, Hotel, Transport, Restoran. Lokasi wisata dan lain sebagainya.
  7. Survey Lokasi Start, Finish & Cek Point untuk memastikan semua fasilitas pencegahan Covid 19 dan ketersediaan Fasilitas Kesehatan terdekat dan skenario penanganan resiko dengan Dinas Kesehatan Terkait
  8. Melakukan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh tim yang terlibat tentang pencegahan penularan COVID-19 yang dapat dilakukan dengan surat pemberitahuan, pemasangan spanduk, poster, banner,whatsapp/sms blast, radioland dan lain sebagainya.
  9. Menyiapkan sistem pusat informasi, pendaftaran dan pembayaran kegiatan secara online.
  10. Terkait point 9 ;
  • Pembelian tiket atau registrasi diwajibkan mengisi data diri dengan mencantumkan nama, nomor KTP/SIM/Paspor (yang masih berlaku), alamat, surat elektronik, dan nomor telepon.
  • Pemesanan tiket dan mengisi form self assessment risiko COVID-19 secara online , jika hasil self assessment terdapat risiko besar maka tidak diperkenankan mengikuti kegiatan (event).
  1. Menyediakan tanda-tanda arah dan media informasi yang menerangkan panduan sehingga dapat dilihat oleh para pengguna rute.
  2. Membuat akses dan rute jalan di titik Start & Finish meliputi :

– Rute masuk dan keluar pengunjung;

– Rute masuk dan keluar pekerja;

– Rute masuk dan keluar vendor, tenant;

– Rute masuk dan keluar pengisi acara;

– Rute pengunjung selama di dalam tempat acara (venue).

– Rute Keadaan Darurat (emergency exit)

 

  1. Panitia BCM 2021 akan menyediakan seluruh perlengkapan dan peralatan penunjang protokol kesehatan serta fasilitas tanggap darurat, antara lain:

– Alat pengukur suhu tubuh (temp gun yang sudah dikalibrasi) dengan jumlah yang cukup.

– Tempat sampah dengan penutup dalam jumlah cukup di titik-titik strategis

– Menyiapkan perlengkapan keselamatan diri khususnya untuk pekerja yang bertugas.

– Menyiapkan tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer dengan jumlah yang cukup dan mudah diakses, khususnya di area yang menjadi pusat keramaian seperti area pintu masuk utama

– Menyiapkan kendaraan ambulans dalam jumlah yang cukup serta mempersiapkan sekurangnya 1 (satu) kendaraan ambulans khusus untuk penanganan pasien yang terindikasi COVID-19.

  1. Panitia BCM 2021 akan berkoordinasi dengan pihak – pihak terkait untuk menerapakan prosedur serta memastikan penanganan panduan COVID 19 berjalan sesuai aturan
  2. Panitia BCM 2021 akan berkoordinasi dengan pihak – pihak terkait sbb :

– Pemerintah Daerah;

– Satgas Penanganan COVID-19 Daerah;

– Kepolisian Daerah;

– Dinas Kesehatan Daerah;

– Rumah Sakit Daerah;

– Dinas Pemadam Kebakaran Daerah;

– Badan Penanggulangan Bencana Daerah;

– dan instansi terkait lainnya (bila diperlukan).

B. Pada Saat Event Berlangsung

 I. Lokasi Event :

  1. Memasang media informasi di lokasi-lokasi strategis untuk mengingatkan pengunjung/peserta agar selalu mengikuti Protokol Kesehatan : ketentuan jaga jarak minimal 1 meter, menjaga kebersihan tangan dan kedisplinan penggunaan masker berupa antara lain : spanduk, Baliho, Standing Banner dan lain lain.
  2. Melakukan pembersihan dan disinfeksi secara berkala (paling sedikit tiga kali sehari) pada semua fasilitas umum terutama pada pegangan pintu dan tangga, kursi, meja, microphone, pintu toilet dll.
  3. Menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun yang memadai dan mudah diakses oleh pekerja/peserta /pengunjung dilengkapi dengan informasi tentang edukasi cara mencuci tangan yang benar.
  4. Menyediakan handsanitizer di area pertemuan/kegiatan dan area publik lainnya dengan jumlah yang memadai dan mencukupi.
  5. Menyediakan ruang khusus di luar tempat event sebagai pos kesehatan dengan tim kesehatan (dokter, perawat & Ambulance) di setiap lokasi (start, Finish, Cek Point).
  6. Mengatur tata letak (layout) tempat event (stand registrasi, kursi, meja, booth, sound operator dll) untuk memenuhi aturan jarak fisik minimal 1 meter .
  7. Mengatur Jumlah akses masuk ke dalam tempat acara (titik Start & Finish), disesuaikan untuk masing-masing kepentingan : pengisi acara, vendor, undangan, peserta.
  8. Menyediakan alat pengecekan suhu di pintu masuk bagi seluruh pengunjung/peserta/pekerja/pihak lain yang terlibat.
  9. Menyediakan stand water break & makanan ringan/buah di beberapa titik sepanjang jalur yang dikemas secara tunggal.
  10. Membuat dan memasang papan petunjuk yang jelas dan mudah terbaca yang memuat antara lain tentang : pos kesehatan, toilet, tempat cuci tangan, tempat hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh dan informasi lainnya termasuk juga tanda/ alur antrian, keluar, masuk area.
  11. Memastikan pelaksanaan protokol kesehatan dilakukan oleh semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut termasuk pihak ketiga (vendor makanan/ vendor sound system dan kelistrikan/ vendor lainnya yang terkait langsung dengan membentuk tim Crowd Control.

II. Peserta Event/olahragawan :

  1. Untuk peserta/ pengunjung dari luar daerah/ luar Bali, penerapan cegah tangkal penyakit saat keberangkatan/ kedatangan mengikuti ketentuan peraturan yang berlaku.
  2. Memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum mengikuti kegiatan dengan tidak menunjukkan gejala sakit demam, batuk, panas dan sakit tenggorokan.
  3. Selalu mengenakan masker, Menerapkan Physical Distancing, Sering Mencuci Tangan dengan Sabun dan/atau menggunakan hand sanitizer selama acara berlangsung.
  4. Bersedia mengikuti dan melaksanakan prosedur protocol kesehatan : mengecek suhu tubuh, selalu menggunakan masker, jaga jarak selama acara berlangsung.
  5. Membawa “new essential tools” serta obat2an pribadi.
  6. Tidak berbagi peralatan pribadi seperti makanan, minuman,peralatan olahraga (handuk, gloves, sepatu, helm, kacamata), dan lain-lain

III. Crew Event / Penyelenggara:

  1. Memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum mengikuti kegiatan dengan tidak menunjukkan gejala sakit demam, batuk, panas dan sakit tenggorokan.
  2. Selalu mengenakan masker, Menerapkan Physical Distancing, Sering Mencuci Tangan dengan Sabun dan/atau menggunakan hand sanitizer selama acara berlangsung.
  3. Pada Stand tertentu dengan kemungkinan lebih sering berhadapan dengan orang banyak, selain masker juga menggunakan pelindung wajah (faceshiled) dan sarung tangan plastic seperti: stand registrasi, merchandise, stand informasi.
  4. Memastikan pelaksanaan protokol kesehatan dilakukan oleh semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut termasuk pihak ketiga (vendor makanan/vendor sound system dan kelistrikan/vendor lainnya yang terkait langsung.
  5. Berpartisipasi aktif saling mengingatkan untuk melakukan pencegahan penularan COVID-19 seperti menggunakan masker dan menjaga jarak.

 IV. Penonton / Pengunjung :

  1. Memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum mendatangi lokasi event, tidak terdapat gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas
  2. Wajib menggunakan masker pada saat di area acara. Jika kondisi padat, tambahan penggunaan pelindung wajah (faceshield) bersama masker sangat direkomendasikan sebagai perlindungan tambahan
  3. Pengunjung yang akan memasuki area pertunjukan harus mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer
  4. Menghindari kontak fisik / Tidak melakukan kontak seperti jabat tangan atau memeluk (victory celebration)
  5. Membawa perlengkapan pribadi : botol minum, masker cadangan, hand sanitizer, peralatan makan dll
  6. Bersedia mengikuti dan melaksanakan prosedur protocol kesehatan : mengecek suhu tubuh, selalu menggunakan masker, jaga jarak selama acara berlangsung

C. Pada Saat Selesai Event

 

  1. Melakukan Prosedur keluar tempat acara di titik Start dan Finish yang mengacu pada rute pintu akses yang sesuai dengan disesuaikan untuk masing-masing kepentingan : pengisi acara, vendor, undangan, peserta
  2. Melakukan pembersihan dan disinfektasi minimal 1 jam setelah acara selesai pada semua area dan fasilitas umum terutama pada pegangan pintu dan tangga, kursi, meja, microphone, pintu toilet dll.
  3. Membersihkan semua area dari sampah/limbah dan membungkusnya dengan rapi sesuai dengan jenis sampah dan memastikan keluar dari semua area lokasi.
  4. Memantau kondisi kesehatan semua tim penyelenggara yang terkait minimal 14 hari setelah kegiatan.
  5. Menyimpan semua data peserta, tim penyelenggara minimal 24 hari setelah acara selesai.

D. Penanganan Saat Penemuan Kasus COVID-19 di Tempat

Pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab yang menemukan adanya kasus COVID-19 di tempat, akan membantu dinas kesehatan /Gugus Tugas Covid 19 atau fasilitas pelayanan kesehatan dengan  melakukan :

 

  1. Pihak penyelenggara kegiatan (event) bekerja sama dengan dinas kesehatan penanganan COVID-19, membawa pengunjung tersebut menuju ruang isolasi agar tidak terjadi kontak fisik dengan pihak lain.
  2. Pelacakan Kontak Erat : Melakukan identifikasi pekerja, peserta, pengunjung atau orang lain yang sempat kontak erat dengan orang terkonfirmasi COVID-19 dengan cara melakukan observasi, investigasi dan penyampaian pengumuman resmi kepada massa di lokasi
  3. Segera melokalisir dan menutup area/ruangan/lokasi terkontaminasi untuk dilakukan pembersihan dan disinfeksi.
  4. Melakukan identifikasi area/ruangan/lokasi terkontaminasi yang meliputi semua area/ruangan/lokasi yang pernah terkontak/dikunjungi orang terkonfirmasi COVID-19.
  5. Menyerahkan penanganan lebih lanjut ke dinas Kesehatan terkait / Gugus Tugas Covid 19.